Buka Pembekalan PLP , Rektor Berpesan Jadilah Sistem Penjelas Untika Di Masyakarat

Rektor Untika bersama pimpinan fakultas, dosen,pemateri dan mahasiswa PLP melakukan foto bersama

FKIP UNTIKA- Rektor Universitas Tompotika Luwuk Taufik Bidullah, SE.,M.Si membuka secara resmi pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolan (PLP) bertempat di Lantai 3 ruang perkuliahan FKIP Untika Luwuk pada tanggal 24 Juli 2023.

PLP tahun ini mengusung tema  Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Riset di Era Society 5.0. dalam laporan ketua Panitia PLP Nurhasanah ,M.Pd menyampaikan “tujuan PLP agar mahasiswa FKIP Untika Luwuk mampu mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar berbasis riset, serta memiliki jati diri calon pendidik dan memiliki kesiapan calon pendidik”.

Laporan Ketua Panitia PLP oleh Nurhasanah,M.Pd

masih dalam laporan ketua panitia waktu pelaksanaan pembekalan ini dilaksanakan selamata tiga hari ” waktu pelaksanaan dimulai dari senin 24 juli sampai dengan 27 Juli 2023, adapun jumlah peserta PLP sebenyak 54 mahasiswa yang akan melaksanakan PLP selama 4 bulan dari tanggal 27 Juli sampai 24 Nopember 2023.

Sambutan Dekan FKIP Untika Ibu Dr. Suhartini Salingkat, M.Pd

Dekan FKIP Untika Dr. Suhartini Salingkat, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan PLP ini selama 4 bulan mahasiswa akan mendapatkan rekognisi sebanyak 20 SKS, ” saya berharap sesuai dengan keputusan rapat ada Mata kuliah yang memiliki relevansi dengan PLP ini  dapat di rekognisi  maksimal sebanyak 20 SKS, maka dosen DPL yang sudah di SK kan saya berharap dapat betul-betul selama 4 bulan memjalankan tugasnya dengan baik, bisa mencari solusi jijka ada masalah mahasiswa dilapangan dan koordinasi juga dengan guru pamong ,untuk itu saya berharap mahasiswa mulai dari pembekalan ini memiliki informasi-informasi  penting terkait dengan kurikulum merdeka disatuan pendidikan jadi manfaakan dengan baik pembekalan ini, karena pemateri yang kita hadirkan merupakan praktisi pendidikan,”

untuk informasi bahwa pemateri eksternal dalam pembekalan adalah Bapak Rudi Budaya,S.Pd.,M.Pd ( Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan, Bapak Yandris Mena, S.Pd.,M.Pd (Guru /Praktisi Pendidikan) dan Bapak Dr Mubarik, S.Pd.,M.Pd (Dosen Untad).

Rektor Untika Luwuk Taufik Bidullah, SE.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan kepada mahasiswa PLP “PLP yang dilaksanakan sekarang ini titik tekannya adalah MBKM, dalam konsepsi MBKM intinya salah satu konsepsi pembelajaran yang ditelurkan oleh menteri pendidikan Mas Nadiem Makarim, secara mendasar memahami luaran perguruan tinggi itu sesungguhnya sudah mempersyarakatkan berdasarkan kebutuhan ditengah-tengah masyakarat terutama kebutuhan di dunia kerja yang punya kemampuan, memiliki kompetensi yang unggul, bahkan dunia kerja sekarang ini tidak lagi linear dengan disiplin ilmu , misalnya banyak alumni sarjana ekonomi dia bisa jadi guru.

Sambutan sekaligus membuka kegiatan PLP Oleh Rektor Untika Luwuk

masih dalam sambutan rektor bahwa luaran perguruan tinggi tidak hanya pengetahaun dibutuhkan namun juga dibutuhkan juga luaran yang memiliki soft skill ” bahwa unggul harus memiliki kepribadian sikap yang baik, meskipun kita cerdas,pintar dan terampil namun kepribadian kita tidak terterima oleh dunia kerja maka tidak bisa juga masuk dalam dunia kerja, apalagai menjadi guru harus menjadi teladan bagi siswanya.

Pesan diakhir sambutan rektor untika luwuk kepada mahasiswa PLP untuk menjaga nama baik Universitas Tompotika Luwuk ” Kami titip untuk menjaga Jaga jas biru yang sedang dipakai jaga almamater, kalian hadri ditengah tengah dimasrakat sebagai sistem penjelas universitas, sistem penjelas fakultas dan sistem penjelas program studi, sampaikan bahwa untika itu hebat dan kita bangga ada diuntika”.

setelah melaksanakan pembekalan mahasiswa akan dilepas ke 3 kabupaten yakni Kab. Banggai, Kab. Banggai Kepulauan dan Kab. Morowali utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *