Libatkan Tiga Kabupaten, FKIP Untika Gelar Lomba dan Kegiatan Matematika

REKTOR Untika Luwuk, Taufik Bidullah SE., M.Si., membuka Lomba dan Kegiatan Matematika (Logika) 2021-2022. FOTO: JAJAD SUDRAJAD

BANGGAI RAYA-* Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, melalui Mahasiswa Himpunan Jurusan Matematika, menggelar Lomba dan Kegiatan Matematika (Logika) tahun 2021-2022.

Lomba dan kegiatan Matematika ini, diikuti untuk dua tingkatan yakni SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK. Pesertanya, melibatkan tiga kabupaten atau Banggai Bersaudara yakni Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut.

Event Logika yang mengangkat tema ‘Mewujudkan Generasi Digital Yang Unggul Serta Berdaya Saing Melalui kompetisi dan Eksplorasi Matematika’ itu dibuka secara resmi oleh Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah SE., M.Si., Rabu (16/2/2022) di lantai tiga fakultas tersebut.

Hadir dalam pembukaan, Kacabdis Wilayah V Sulteng, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Hamdin Husin, Dekan FKIP Untika Luwuk, Dr. Suhartini Salingkat, para dosen dan peserta lomba dari tiga kabupaten.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Pendidikan Matematika Untika Luwuk, Saipul Bachri S Lajiba S.Pd., M.Pd., mengatakan, kegiatan ini dimulai sejak 15 Desember 2021. Dan Rabu ini, merupakan pembukaan untuk peserta yang masuk babak utama.

Pada babak utama ini dijelaskan, ada 32 tim yang lolos, dengan jumlah peserta sebanyak 96 orang. Kegiatan untuk babak utama akan berlangsung hingga 20 Februari 2022 mendatang. “Lomba dan kegiatan Matematika ini, adalah event rutin yang dilakukan setiap tahunnya. Setiap tahun, lahir inovasi-inovasi baru dalam suksesnya kegiatan ini,” ujarnya.

Menurut Saipul Bachri, Lomba dan Kegiatan Matematika tahun ini, sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya hanya diikuti peserta dari Kabupaten Banggai, kali ini diikuti tiga kabupaten yaitu Kabupaten Banggai,Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut.

“Ini sebuah inivasi yang cukup baik, dan mendapat dukungan dari pimpinan universitas dan pemerintah daerah. Kemudian, dalam jalannya kegiatan juga kami mulai menggunakan metode sistem digital,” katanya.

Olehnya,suksesnya kegiatan ini kata Saipul, tentu tidak lepas dari dukungan Rektor Untika Luwuk, dan juga Pemda Banggai. Untuk Pemda Banggai, telah memberikan dana yang cukup besar, demi suksesnya kegiatan ini. “Insya Allah kami ingin kedepan, kegiatan ini bisa lebih besar lagi bahkan skala provinsi. Kegiaannya bisa saja dibuat di Morowali, atau Tojo Una-una, dan kabupaten lainnya,” tandasnya.

APRESIASI

Sementara itu, Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah SE., M.Si., memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Lomba dan Kegiatan Matematika ini. Kegiatan ini, tentunya juga salah satu upaya atau langkah fakultas dalam memajukan kampus biru.

“Ini inovasi luar biasa. Awalnya hanya diikuti satu kabupaten, dan sekarang merambah hingga tiga kabupaten. Melibatkan Banggai Bersaudara yakni Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut. Kedepan, semoga even ini bisa lebih tinggi lagi, bahkan level nasioal,” ungkap Rektor Taufik Bidullah.

Menurut Taufik Bidullah, tidak ada yang mustahil event ini bisa digelar lebih besar lagi. “Tidak hanya sebatas Banggai Bersaudara, tapi kedepan event ini juga bisa digelar meliputi Sulteng, bahkan tingkat nasional. Untuk mewujudkan itu, tentunya butuh kerjasama, dan kerja keras dan tidak luput dukungan dari Pemda,” katanya.

Rektor Taufik Bidullah menambahkan, kedepan FKIP bisa mensinergikan keguatan ini dengan Pemerintah Provinsi Sulteng. Sehingga apa yang menjadi harapan itu bisa terwujud. “Kegiatan-kegiatan ini semacam ini, menjadi momen dan bukti nyata untuk masyarakat bahwa Untika Luwuk terus berupaya mengembangkan keilmuan. Selalu mengembagkan akademik,” tandasnya. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *